Kembali

A. INFORMASI UMUM

Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Malang, yang beralamatkan di Jalan Bandung 7C Kota Malang adalah lembaga pendidikan dasar berciri khas agama Islam, pada tahun pelajaran 2022/2023 kembali menerima putra-putri yang siap didik untuk menjadi generasi masa depan harapan umat yang bertaqwa, berakhlak mulia dan unggul prestasi. Dengan mencermati besarnya animo masyarakat yang mempercayakan pendidikan putra putrinya di MIN 1 Kota Malang, maka pada kegiatan penerimaan peserta didik baru tahun pelajaran 2022/2023 kembali dilaksanakan dengan sistem pemetaan kesiapan belajar secara tatap muka (offline). Dari hasil pemetaan ini akan diterima 252 peserta didik baru yang terdistribusi dalam 9 rombongan belajar (setiap rombongan belajar terdiri dari 28 peserta didik).

B.Persyaratan Peserta

Persyaratan untuk menjadi peserta didik baru adalah sebagai berikut:

1.Umur minimal 6 tahun, 0 bulanpada 1 Juli 2022, bagi calon peserta didik yang usianya kurang dari 6 tahun, harus melampirkan surat rekomendasi dari Psikolog atau Kepala TK/BATARA masing-masing (format terlampir).
2. Sedang menempuh pendidikan di TK/BATARA (Persiapan).
3. Tidak sedang menempuh pendidikan di SD/MI dibuktikan dengan surat keterangan dari TK/BATARA
4. Menyerahkan persyaratan administrasi yang meliputi:

a. Formulir pendaftaran yang telah dicetak dan diisi lengkap dari form pendaftaran online
b. Foto kopi Akte Kelahiran (menunjukkan aslinya)
c. Foto kopi Kartu Keluarga (menunjukkan aslinya)
d. Surat Keterangan bahwa pada tahun pelajaran 2021/2022 sedang menempuh pendidikan di TK/BATARA (Persiapan)
e. Surat rekomendasi kesiapan belajar dari Psikolog atau Kepala TK/BATARA bagi calon peserta didik yang usianya kurang dari 6 tahun per 1 Juli 2022
f. Foto kopi warna piagam kejuaraan/dilegalisir(juara 1, 2, 3, atau Harapan 1, 2, 3) individual minimal tingkat kota / kabupaten (bukan kejuaraan berkelompok) bagi yang memiliki
g. Foto kopi sertifikat tahfidz atau Surat Keterangan Hafal Quran minimal 1 juz dari lembaga penyelenggara tahfid yang kompeten. (Jika memiliki)
h. Surat Keterangan Peringkat Kelas. (Bagi yang memiliki ) (format terlampir)
Pada semester I tahun pelajaran 2021/2022, peserta didik berada pada peringkat paralel (dengan melampirkan surat keterangan dari kepala TK/BATARA), dengan ketentuan sebagai berikut:
1) Peringkat terbaik 1 bagi TK/BATARA yang memiliki satu rombongan belajar kelas B.
2) Peringkat terbaik 1 dan 2 bagi TK/BATARA yang memiliki dua rombongan belajar kelas B.
3) Peringkat terbaik 1, 2, dan 3 bagi TK/BATARA yang memiliki tiga rombongan belajar kelas B dst
i. Cetak Kartu NISN (Nomor Induk Siswa Nasional), jika sudah memiliki
j. Surat pernyataan tentang keabsahan data dan dokumen pendaftaran(bermaterai 10.000)(format telampir)
k. Foto berwarna ukuran 3 x 3 cm sebanyak 2 lembar (tidak harus berseragam)
Catatan: Berkas yang sudah diserahkan kepada panitia tidak bisa diminta kembali.

C. Tahapan Pelaksanaan PPDB

1.Pendaftaran Online
Pendaftaran online dilaksanakan pada:
- Hari, tanggal  : Senin s.d Kamis, 7 s.d 10 Februari 2022
- Website          :http://min1kotamalang.sch.id

D. Penyerahan Berkas Pendaftaran dan Verifikasi Berkas

Penyerahan berkas pendaftaran harus mentaati protokol kesehatan dan diatur dengan jadwal sebagai berikut:
Hari        :Senin - Kamis
Tanggal  : 14 – 17 Februari 2022
Waktu    : 07.00 – 12.00 WIB
Tempat  :Serambi Masjid MIN 1 Kota Malang
Catatan :
a. Tidak mengajak calon peserta didik.
b. Manaati protokol kesehatan, meliputi: memakai masker, pemeriksaan suhu badan, mencuci tangan, menggunakan handsanitizer, melewati bilik sterilisasi, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan segera meninggalkan lokasi.
c. Hadir menyerahkan berkas sesuai jadwal berikut:
Nomor Pendaftaran Hari, Tanggal Waktu (WIB)
001 s.d. 030 Senin, 14 Februari 2022 Pukul 07:00 s.d. 07:30
031 s.d. 060 Pukul 07:30 s.d. 08:00
061 s.d. 090 Pukul 08:00 s.d. 08:30
091 s.d. 120 Pukul 08:30 s.d. 09:00
121 s.d. 150 Pukul 09:00 s.d. 09:30
151 s.d. 180 Pukul 09:30 s.d. 10:00
181 s.d. 210 Pukul 10:00 s.d. 10:30
211 s.d. 240 Pukul 10:30 s.d. 11:00
0241 s.d. 0270 Selasa, 15 Februari 2022 Pukul 07:00 s.d. 07:30
0271 s.d. 0300 Pukul 07:30 s.d. 08:00
0301 s.d. 0330 Pukul 08:00 s.d. 08:30
0331 s.d. 0360 Pukul 08:30 s.d. 09:00
0361 s.d. 0390 Pukul 09:00 s.d. 09:30
0391 s.d. 0420 Pukul 09:30 s.d. 10:00
0421 s.d. 0450 Pukul 10:00 s.d. 10:30
0451 s.d. 0480 Pukul 10:30 s.d. 11:00
0481 s.d. 0510 Rabu, 16 Februari 2022 Pukul 07:00 s.d. 07:30
0511 s.d. 0540 Pukul 07:30 s.d. 08:00
0541 s.d. 0570 Pukul 08:00 s.d. 08:30
0571 s.d. 0600 Pukul 08:30 s.d. 09:00
0601 s.d. 0630 Pukul 09:00 s.d. 09:30
0631 s.d. 0660 Pukul 09:30 s.d. 10:00
0661 s.d. 0690 Pukul 10:00 s.d. 10:30
0691 s.d. 0720 Pukul 10:30 s.d. 11:00
0721 s.d. 0750 Kamis, 17 Februari 2022 Pukul 07:00 s.d. 07:30
0751 s.d. 0780 Pukul 07:30 s.d. 08:00
0781 s.d. 0810 Pukul 08:00 s.d. 08:30
0811 s.d. 0840 Pukul 08:30 s.d. 09:00
0841 s.d. 0870 Pukul 09:00 s.d. 09:30
0871 s.d. 0900 Pukul 09:30 s.d. 10:00
0901 s.d. 0930 Pukul 10:00 s.d. 10:30
0931 s.d. ... Pukul 10:30 s.d. 11:00
Pengembalian formulir pendaftaran ditutup pada hari Kamis, 17 Februari 2022 pukul 11.00 WIB.
Pada saat pengembalian, formulir diisi lengkap dan dilampiri dengan:
1. Surat keterangan (asli) dari psikolog profesional atau guru sekolah/madrasah atau TK/BATARA masing-masing bagi yang
berumur kurang dari 6 tahun pada 1 Juli 2022
2. Foto kopi akte kelahiran (menunjukkan asli)
3. Foto kopi Kartu Keluarga (KK) (menunjukkan asli)
4. Surat Keterangan (Asli) bahwa pada tahun pelajaran 2021/2022 sedang menempuh pendidikan di TK/BATARA (Persiapan)
5. Foto berwarna 3 x 3 cm sebanyak 2 lembar (tidak harus berseragam)
6. Foto Kopi warna Piagam kejuaraan (Juara 1,2,3 dan Harapan 1,2,3) individual minimal tingkat kota / kabupaten (bukan kejuaraan berkelompok)
Apabila berupa tropi/medali/piala harus disertai surat keterangan dari sekolah/penyelenggara dan menunjukkan aslinya.(Jika memiliki prestasi)
7. Kartu NISN (Nomor Induk Siswa Nasional). (jika sudah memiliki)
8. Surat pernyataan tentang keabsahan data dan dokumen pendaftaran (bermaterai 10.000)
9. Foto kopi sertifikat tahfidz atau surat keterangan tahfidz quran minimal 1 juz dari lembaga yang berwenang (bila ada)
10. Surat keterangan peringkat kelas (bagi yang memiliki)

E. PENGUMUMAN HASIL VERVAL BERKAS PENDAFTARAN

Berkas persyaratan pendaftaran yang telah diserahkan ke panitia, kemudian diverifikasi dan divalidasi. Hasil verval akan diumumkan pada:
Hari / Tanggal : Senin, 21 Februari 2022
Waktu : 00.01 WIB
Alamat :http://min1kotamalang.sch.id
Bagi pendaftar yang dinyatakan lolos verval akan mendapatkan Nomor Peserta Pemetaan dan bisa melanjutkan pada kegiatan berikutnya,
yaitu mencetak kartu peserta. Bagi yang belum lolos verval, diwajibkan untuk menyerahkan kekurangan berkas persyaratannya kepada panitia di MIN 1 Kota Malang.

F. Jadwal Pemetaan

Kegiatan pemetaan dilaksanakan secara daring pada:
Hari : Senin - Rabu
Tanggal : 7 – 9 Maret 2022
Waktu : sesuai dengan nomor pemetaan
Tempat : Dari rumah masing-masing
Hal-hal teknis:
a. Sosialisasi Pemetaan hari Senin, tanggal 28 Februari 2022 pkl 08:00 (Via zoom dan Live streaming)
b. Simulasi Pemetaan hari Kamis, tanggal 3 Maret 2022 pkl 08:00 (calon peserta simulasi menggunakan zoom meeting didampingi orang tua masing-2)
c. Peserta mengenakan pakaian bebas rapi
d. Peserta tidak diperkenankan mengenakan seragam TK/BATARA
e. Jadwal Pemetaan diatur dalam berkas hasil Verval masing-masing :

G. Pengumuman Hasil Pemetaan

Pengumuman hasil pemetaan PPDB MIN 1 Kota Malang dilakukan secara online di portal MIN 1 Kota Malang
dengan alamat http://min1kotamalang.sch.id pada pukul 00.01 WIB. Peserta yang dinyatakan diterima,
diminta untuk mencetak hasil pemetaan untuk digunakan persyaratan daftar ulang.
Bagi peserta yang dinyatakan diterima akan diadakan pertemuan antara calon wali peserta didik dengan Komite MIN 1 Kota Malang yang dilaksanakan pada:
- Hari, tanggal  : Sabtu, 19 Maret 2022
- Waktu             : Diatur bertahap
- Tempat  : MIN 1 Kota Malang
- Susunan Acara  :
1.Pembukaan
2.Sambutan Kepala MIN 1 Kota Malang
3.Penjelasan Program Komite MIN 1 Kota Malang
4.Penjelasan Teknis daftar ulang

I. Daftar Ulang

Daftar ulang bagi calon murid baru yang diterima akan dilaksanakan pada:
- Hari, tanggal  : Senin - Rabu, 21 - 23 Maret 2022
- Waktu             : Pukul 07.30 sampai 12.00 WIB
- Tempat           : MIN 1 Kota Malang
- Persyaratan   : Menyerahkan formulir yang telah diisi lengkap dan berkas persyaratan daftar ulang
No Hari / Tanggal Waktu Kelas
1 Senin, 21 Maret 2022 07:30 s.d. 09:00 1A
2 09:00 s.d. 10:30 1B
3 10:30 s.d. 12:00 1C
4 Selasa, 22 Maret 2022 07:30 s.d. 09:00 1D
5 09:00 s.d. 10:30 1E
6 10:30 s.d. 12:00 1F
7 Rabu, 23 Maret 2022 07:30 s.d. 09:00 1G
8 09:00 s.d. 10:30 1H
9 10:30 s.d. 12:00 1I
Pendaftaran ulang ditutup pada hari Rabu, 23 Maret 2022 pukul 12.00 WIB.
Bila sampai batas waktu yang telah ditentukan tidak melakukan daftar ulang, maka yang bersangkutan dinyatakan mengundurkan diri

J. Pengumuman Penerimaan Cadangan

- Hari, tanggal  : Kamis, 24 Maret 2022
- Waktu             : Pukul 08.00 - 12.00 WIB
- Tempat           : MIN 1 Kota Malang
- Syarat           : Menunjukkan nomor peserta dan hasil pemetaan

K. Daftar Ulang Cadangan

- Hari, tanggal  : Jumat dan Sabtu, 25 dan 26 Maret 2022
- Waktu             : Pukul 08.00 - 12.00 WIB
- Tempat           : MIN 1 Kota Malang
- Syarat           :
1. menyerahkan formulir daftar ulang yang telah diisi lengkap
2. melampirkan berkas syarat daftar ulang
Pendaftaran ulang cadangan ditutup pada hari Sabtu, 26 Maret 2022 pukul 12.00 WIB.
Bila sampai batas waktu yang telah ditentukan tidak melakukan daftar ulang, maka yang bersangkutan dinyatakan mengundurkan diri

L. Masa Ta`aruf Siswa Madrasah (Matsama)

Hari pertama masuk untuk peserta didik baru MIN 1 Kota Malang direncanakan pada hari Selasa, 12 Juli 2022
dengan acara Masa Ta’aruf Siswa Madrasah. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan peserta didik baru
dengan lingkungan dan budaya belajar MIN 1 Kota Malang. Kegiatan dilaksanakan selama
lima hari sampai dengan Sabtu, 16 Juli 2022. Informasi lebih lanjut akan disampaikan kemudian
Malang, 26 Januari 2022